Berpikir Cerdas dan Bertindak Bijak di Era Cyber

Berpikir Cerdas dan Bertindak Bijak di Era Cyber

Mengisi kegiatan di waktu senggang ketika berpuasa di bulan Ramadhan memang haruslah tetap bermanfaat, dan salah satu hobi yang menjadi bagian dari diri saya selain beribadah (baca: tidur) adalah berinternet, berinternet yang bagaimana? berinternet yang sehat tentunya.

Internet bukan hal baru bagi masyarakat kita, di Era Cyber seperti sekarang ini masyarakat dituntut untuk melek internet. Pertumbuhan informasi yang pesat menjadikan kita bekerja keras untuk memfilter setiap informasi yang kita terima, usaha tersebut selain berguna untuk memberi manfaat lebih bagi diri kita sendiri, hal itu juga akan berarti bagi orang lain. Penerapan internet sehat merupakan salah satu langkah untuk mengelola penggunaan internet secara bijak. Dengan berinternet sehat, akan membuka pandangan kita bagaimana melihat pengetahuan dunia cyber secara luas dan bagaimana memanfaatkannya secara bijak.

Dalam hal ini ada baiknya apabila kita tidak hanya berdiam diri, dengan kata lain bukan hanya sebagai penikmat atau pemerhati saja, tetapi juga harus ikut aktif bergerak memanfaatkan internet sebaik mungkin. Salah satunya yaitu dengan menuliskan pengalaman dan pengetahuan kita melalui blog, mengikuti event ngaBLOGburit misalnya.

Dalam dunia kerja, internet bisa digunakan untuk mendukung kinerja perusahaan, contohnya ketika kita dituntut untuk mencari informasi yang sebelumnya kita tidak mengenal apapun istilahnya, dan kita tidak harus berhenti untuk menyerah karena yang harus kita lakukan adalah dengan meng-klik pada search engine dan memasukkan kata kunci mengenai informasi item yang di cari.

Aktif dalam situs jejaring sosial jangan menjadikan kita terbelenggu untuk tenggelam dalam kenikmatan cyber yang pada akhirnya mengganggu kinerja kita dalam bekerja, mari kita menggunakannya secara bijak untuk membangun relasi dan akhirnya memberikan respon positif bagi diri sendiri maupun perusahaan, sehingga baik diri sendiri maupun manajemen perusahaan dimana kita bekerja tidak perlu bersusah payah memblokir akses internet kita dan memandang kita dengan sebelah mata apabila kita menggunakannya secara cerdas dan bijak.

Mari berinternet sehat dengan berprinsip bahwa Action yang kita lakukan harus memberi manfaat lebih bagi diri kita sendiri dan bagi orang lain. Pastinya kita semua tidak ingin apa yang kita lakukan selama berpuasa di bulan Ramadhan ini sia-sia bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *